Skip to main content
Kopi asli Indonesia memang paling paling enak, Dunia pun mengakuinya terbukti dengan dipatenkannya 16 jenis kopi indonesia di pasar Internasional, kopi-kopi indonesia yang terbaik ini bukan hanya berasal dari satu daerah akan tetapi menyebar di seluruh wilayah indonesia mulai dari ujung barat hingga keujung timur Indonesia.

Dengan dipatenkan ke-16 jenis kopi terbaik Indonesia, membuat kita bangga sebagai anak Indonesia khususnya para petani kopi, dan yang mencinta kopi Indonesia. Lalu apa itu Hak Paten . Hak Paten (patent) adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara dalam waktu tertentu kepada seseorang atau kelompok (inventor) yang secara bersama- sama melaksanakan ide yang menghasilkan suatu penemuan yang benar-benar baru yang sebelumnya belum pernah ada, dan mendapatkan perlindungan hak intelektual dari negara.

Ke-16 jenis kopi terbaik indonesia ini dipatenkan dengan maksud untuk melindungi dan mendapat pengakuan kualitas produk sesuai dengan kondisi wilayah geografisnya. Lalu kopi berasal dari daerah mana saja yang telah dipatenkan dan diakui di pasar Internasional?

Nah ini dia 16 daftar kopi terbaik di Indonesia yang telah mendapatkan Hak paten dan diakui di pasar internasional.
  1. Kopi Arabika Gayo, Sumatera.
  2. Kopi Arabika Simalungun Utara.
  3. Kopi Robusta, Lampung.
  4. Kopi Arabika Java Preanger.
  5. Kopi Arabika Ijen Raung.
  6. Kopi Arabika Kintamani, Bali.
  7. Kopi Arabika Kalosi Enrekang.
  8. Kopi Arabika Toraja.
  9. Kopi Rabika Flores Bajawa.
  10. Kopi Luberika Tungkal Jambi.
  11. Kopi Robusta Semendo Sumatera Selatan.
  12. Kopi Liberika Rangsang Meranti, Riau.
  13. Kopi Arabika Sumatera Mandhailing.
  14. Kopi Robusta Empat Lawang.
  15. kopi Robusta Temanggung.
  16. Kopi Arabika Sindoro Sumbing.
Itulah 16 jenis kopi terbaik indonesia yang dipatent dan diakui di pasar internasional, Dan berdasarkan data dari Kementrian pertanian, Indonesia saat ini menduduki peringkat ketiga sebagai produsen kopi terbesar di dunia di bawah Brasil dan Kolumbia.

You Might Also Like: