Skip to main content
Seni coffee cupping, Teknik mencicipi kopi, biasa di lakukan oleh para pencicip kopi (orang yang ahli mengamati aroma dan citarasa kopi). Namun tak ada salahnya kita yang gemar kopi mempraktekannya di rumah agar kita mendapatkan citarasa dan aroma kopi yang  nikmat dan enak di nikmati, jika ingin mencoba.

Ada beberapa hal yang di persiapkan untuk memulai mencicipi kopi diantaranya.
  • Masaklah air sampai setengah mendidih.
  • Gunakan air yang betul betul alami.
  • Jangan mengunakan air yang sudah melalui tahap penjaringan. karena kandungan mineral  tidak alami dan mempengaruhi cita rasa.
  • Jangan menggunakan alat pengaduk lain selain sendok berbahan dasar perak saat mengaduk dan mencicip kopi untuk menjaga kemurnian citarasa dalam proses peminuman. 
  • Sajikan kopimu dalam sebuah gelas atau mangkuk.
Selanjutnya

Ambil satu sendok kopi, kerucutkan bibir dan seruput kopi tersebut.

Cara ini biasa dikenal dengan nama "mengisap" atau "menyeruput" dan tujuannya adalah untuk membantu menyempurnakan proses pencicipan.

Tujuan menyeruput kopi adalah untuk memastikan bahwa seluruh indra pengecap dalam mulut dapat menangkap citarasa kopi tersebut secara merata pada saat yang bersamaan.

Hal tersebut memungkinkan lidah, untuk dapat mengenali citarasa kopi.

Nah itulah beberapa kiat seni cofffee Cupping, yang bisa di praktekkan di rumah bagi para penggemar kopi agar citarasa dan aroma kopi dapat dirasakan.

Refrensi dari berbagi sumber

You Might Also Like: