Skip to main content
Melulu kopi | Sejarah Kopi Luwak. Kopi Luwak merupakan seduhan kopi memakai biji kopi yg diambil dari sisa kot0ran luwak atau musang kelapa. Biji kopi ini diyakini mempunyai rasa yang berbeda ketika sesudah dimakan serta melewati saluran pencernaan luwak. baru diolah menjadi kopi luwak white coffee, dan lain lain

Kemasyhuran kopi ini di kawasan Asia Tenggara sudah lama diketahui, akan tetapi baru menjadi terkenal luas bagi para penggemar kopi setelah ahli pencicip kopi, mempublikasi sekitar tahun 80-an. harga kopi luwak merupakan kopi yg termahal di dunia.

SEJARAH KOPI LUWAK

Asal mula kopi luwak terkait erat dengan sejarah pembudidayaan tanaman kopi di Indonesia. pada awal abad ke-18, Belanda membuka perkebunan tanaman komersial di koloninya di Hindia Belanda terutama di pulau Jawa serta Sumatera. salah satunya adalah perkebunan kopi arabika menggunakan bibit yg didatangkan dari Yaman.



Pada era, Tanam Paksa atau Cultuurstelsel (1830 - 1870), Belanda melarang pekerja perkebunan pribumi memetik butir kopi buat konsumsi pribadi, akan tetapi penduduk lokal ingin mencoba minuman kopi yg terkenal itu. Lalu para pekerja perkebunan kopi akhirnya menemukan bahwa terdapat sejenis musang yang gemar memakan buah kopi, Namun hanya daging buahnya saja yg tercerna, kulit ari serta biji kopinya masih utuh dan tak tercerna.

Biji kopi dalam kotoran luwak tersebut, kemudian dipunguti, dicuci, disangrai, ditumbuk, lalu diseduh dengan air panas, maka terciptalah proses kopi luwak. Berita tentang kenikmatan kopi aromatik saat itu, akhirnya tercium oleh warga Belanda pemilik perkebunan, maka lalu kopi ini menjadi kegemaran orang kaya Belanda. sebab kelangkaannya serta proses kopi dan, pembuatannya yang tak lazim, kopi luwak pun merupakan kopi yang berharga mahal sejak zaman kolonial.

Luwak, atau lengkapnya musang luwak, suka sekali mencari butir buah yang relatif baik serta masak termasuk buah kopi menjadi makanannya. dengan indera penciumannya yg peka, luwak akan menentukan jenis buah kopi yg benar -benar matang menjadi makanannya, dan setelahnya, biji kopi yg masih dilindungi kulit keras dan tak tercerna akan keluar beserta kotoran luwak.

Hal ini terjadi sebab luwak mempunyai sistem pencernaan yg sederhana, sehingga makanan yg keras seperti biji kopi tak tercerna. Biji kopi luwak seperti ini, pada masa lalu sampai sekarang sering diburu para petani kopi, sebab diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan sudah difermentasikan secara alami di dalam sistem pencernaan luwak. begitulah proses kopi luwak di proses alami oleh musang atau luwak,

Aroma dan rasa kopi luwak memang terasa khas dan sempurna di kalangan para penggemar serta penikmat kopi di seluruh dunia. inilah yang membuat harga kopi luwak menjadi kopi mahal jika di bandingkan kopi yang lain.


KONRTRO VERSI KOPI LUWAK

Kopi luwak disamping di kenal sebagai kopi termahal di dunia, dan kopi yang rasanya nikmat bagi para pencinta kopi, disamping kenikmatannya, terdapat juga kontrovesri sebab kopi ini di proses, oleh pencernaan musang atau luwak.



Di Aceh ketika itu dilakukan investiga oleh PETA (organisasi hak asasi binatʌng yang berpusat di Amerika ) bekerja sama dengan BBC (stasiaon televisi dan penyedia berita diinternet) mengatakan tentang sebuah penangkaran yg berisi luwak yg ditangkap dari alam, dimasukkan ke dalam kandang kecil, serta hanya diberi makan biji kopi setiap harinya hanya untuk diambil kotorannya yg kemudian diolah sebagai kopi luwak.

Musang atau luwak tersebut juga berperilaku tak normal seperti terus bergerak mondar- mandir, berputar- putar, serta menggigit kandangnya. ini dilakukan karena steres yang biasanya hidup bebas atau alam liar dengan makan segalam macam buah. namun ketika dipelihara untuk mengahasilkan biji kopi luwak, naluri kekbesannya hilang, hanya karena manusia ingin mengambil untung, tanpa memikirkan, kebebasan para luwak, binatʌng penghasil kopi mahal.

Jadi dalam hal ini, dapat dikatakan kelezatan dan kemahalan kopi luwak, dibaliknya terdapat penyiksaan kebebasan binʌtang yang melanggar hak asasi binʌtang, yang biasa hidup dialam bebas.

Mungkin begitlah kira- kira tentang sejarah kopi luwak, baca juga artikel tentang kopi yang lain atau puisi tentang kopi di blog melulu kopi ini, semoga sejarah kopi luwak di atas dapat bermanfaat. artikel ini bersumber dari wiki pedia.

You Might Also Like: