Skip to main content
Melulu Kopi | Kopi terbaik yang ada di Indonesia. Pemenang tahunan kontes kopi terbaik 2015 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia, serta Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Jember.

Menetapkan kopi manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur menjadi yang terbaik di tahun 2015 untuk jenis arabika dan robusta.  menggeser peringkat kopi Jambi yang menyabet penghargaan tersebut tahun sebelumnya.

Di posisi kedua jenis arabika diraih oleh kopi petani asal Bandung dan juara ketiga asal Bondowoso. Sedangkan untuk jenis robusta, posisi kedua ditempati kopi asal Temanggung, Jawa Tengah, dan posisi terakhir diraih kopi Bengkulu.


Kontes yang diikuti 137 jenis kopi dari seluruh daerah, terdiri atas 76 jenis arabika dan 61 jenis robusta. pemenang pastinya menghasilkan kopi terenak indonesia,

Para pemenang dalam kontes kopi tersebut akan dipromosikan di pasar internasional. Salah satu juri, Setiawan Subekti, mengatakan minum kopi saat ini sudah menjadi gaya hidup orang Indonesia. Itu terlihat dari semakin menjamurnya kafe-kafe kopi di seluruh daerah. Bahkan, tren baru ini telah diikuti dengan kesadaran meminum kopi berkualitas. “Kalau dulu orang tahunya kopi ya harus hitam,” kata tester kopi dunia ini.

Ini Rahasia Nikmatnya Kopi Manggarai Timur.



Apa kelebihan kopi asal Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, hingga dinobatkan sebagai kopi Indonesia terbaik 2015, Seorang peneliti kopi, mengatakan kondisi geografis Manggarai Timur yang kering dan sedikit pengaruh angin dari Australia, membuat citarasa kopinya menjadi khas. Sehingga, saat proses pemasakan buah menjadi sempurna

Demikianlah tentang kopi terbaik, atau kopi terenak indonesia, jadi apa merek kopi terenak di indonesia, jawabannya tergantung dari selera masing -masing individu.  simak juga artikel tentang kopi yang lain, di blog melulu kopi.

sumber. tempo.com

You Might Also Like: