Skip to main content
Mengenal kopi comocim Brasil sejenis kopi luwak terbuat dari kotoran burʋng. Brasil merupakan negara penghasil kopi terbesar di Dunia, dan kopinya di kenal mempunyai cita rasa yang unik, karakteristik kopi Brazil yang ringan, lembut serta beraroma khas menjadikannya favorit bagi banyak pecinta kopi di dunia.

Namun tahukah anda ternyata Brasil juga punya kopi Comocim sejenis kopi luwak yang diproduksi dari kotoran burung Jacu, Burung jacu merupakan burʋng yang langka dan dilindungi, burʋng inilah yang dipelihara dan diberikan pakan kopi lalu kotorannya diolah menjadi kopi Comocim, seperti halnya mengolah kopi luwak indonesia, kopi mahal yang di kenal sebagai kopi terenak.

Yang unik dari kopi comocim adalah kenikmatan kopi luwak indonesia yang menginpirasi Seorang petani kopi Brasil yang perna tinggal di Indonesia bernama Henrique Sloper, lalu menciptakan kopi premium dari biji kopi yang diproduksi melalui kotoran burʋng langka.


Sebagaimana dikutip dari Merdeka.com. Suatu hari, Henrique mendapati tanah perkebunan kopinya diserbu bʋrung jacu. Buah kopi di lahan miliknya habis dimakan burung-burung yang terancam punah itu. Padahal biasanya bʋrung jacu tak memakan buah kopi. Sedangkan buah kopi di lahan milik para tetangganya masih utuh. Dari sana, Henrique merasa impiannya untuk memanen kopi camocim dalam jumlah besar pupus. sedangkan untuk membunuh burʋng jacu adalah hal yang dilarang karena burung-burung itu merupakan bʋrung langka yang dilindungi.

Namun Henrique tak patah semangat di lalu teringat dengan proses pembuatan kopi luwak dan berpikir mungkin burʋng jacu juga bisa menghasilkan kopi yang sᥱkualitas. seperti halnya kopi luwak Indonesia yang di produksi dari kotoran luwak.

Saya memandang dengan heran dari ruang tamu saat burʋng jacu memilih hanya buah yang paling matang, menyisakan separuhnya, bahkan yang terlihat sempurna di mata awam manusia.

Setelah dicerna sebagian dan dibuang dalam bentuk kotoran, buah kopi dipunguti oleh para pekerja Henrique. Setelah dicuci dan dipisahkan dari kotoran, biji kopi diolah seperti halnya mengolah kopi luwak.

Begitulah tentang kopi comocim Brasil sejenis kopi luwak yang di produksi dari kotoran burʋng, Mau tahu berapa harga kopi camocim dari kotoran burʋng jacu ini? Satu kantong dengan berat 60 kilogram dibanderol dengan harga $ 3.250 di pasar luar negeri. Kopi camocim organik yang biasa dihargai $ 450, sementara kopi Brasil dengan kualitas premium bisa didapatkan dengan harga $ 200 saja. Harga yang cukup fantastis, bukam, kopi termahal yang terinpirasi dari kopi enak Indonesia yaitu Kopi luwak.

You Might Also Like: