Skip to main content

Manfaat dan khasiat benalu kopi untuk kesehatan dan berbagai macam penyakit. Benalu adalah jenis tumbuhan merambat yang bergantung dan hidup pada tanaman lain mengambil makanan dari tanaman yang ditempeli.

Tumbuhan ini seringkali dianggap sebagai tanaman penganggu karena umunya ketika benalu tumbuh banyak pada tanaman biasanya tanama tersebut mati dengan perlahan-lahan.

Namun dibalik sebagai tanaman penganggu ternyata benalu memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan, terutama benalu yang tumbuh pada tanama kopi, yang biasa di sebut benalu kopi.

Jadi yang dimaksud kopi benalu adalah jenis tumbuhan yang hidupnya menempel pada tanaman kopi sebagai inangnya yang pada umumnya tumbuhan parasit ini tumbuh pada berbagai jenis tumbuhan.

Dan biasanya juga manfaat dan khasiat benalu untuk kesehatan tergantung dari pohon yang ditumbuhi, dan kali ini yang di ulas adalah benalu yang tumbuh di pohon kopi yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Dan Khasiat Benalu di pohon kopi untuk kesehatan

Khasiat dan manfaat benalu kopi untuk kesehatan sudah banyak ditemukan sejak dahulu tetapi masih belum dikembangkan dengan baik, namun di jaman yang serba canggih dan banyaknya peneliti dibidang kesehatan meneliti sehingga khasiat benalu diketahui dapat mengatasi berbagai macam penyakit terutama benalu yang tumbuh di pohon kopi.

Dan berikut ini beberapa khasiat dan manfaat benalu kopi untuk kesehatan yang bisa mengatasi berbagai macam penyakit diantaranya:

  1. Mengobati kanker

    Yang pertama adalah benalu kopi untuk kanker, manfaat benalu yang tumbuh pada tanaman kopi yaitu bisa mengobati kanker. Di negara Eropa sudah terbukti bahwa daun benalu atau tanaman benalu ini bisa dijadikan sebagai salah satu obat yang bisa menyembuhkan penyakit mematikan seperti kanker.

    Benalu yang tumbuh di kopi mengandung zat antioksidan tinggi yang bisa menekan perkembangan sel kanker dan juga membantu pertumbuhan sel menjadi semakin sehat.

  2. Mengobati Epilepsi

    Benalu yang tumbuh di pohon kopi juga bisa digunakan untuk mengobati epilepsi. Pada abad ke 16, bangsa Eropa sudah menggunakan tanaman ini untuk mengobati penyakit gangguan syaraf yang banyak diderita oleh penderita epilepsy.

    Daun benalu akan membantu menyembuhkan sel-sel yang rusak yang mengakibatkan gangguan epilepsy itu sendiri.

  3. Mengatasi Tidur mendengkur

    Selain benalu kopi untuk kanker dan juga epilepsy, kopi benalu juga bisa digunakan untuk mengatasi tidur mendengkur. Karena mendengkur adalah salah satu gangguan kesehatan yang memang tidak dirasakan oleh penderita, tetapi penyakit yang satu ini bisa menjadi hal yang serius apabila tidak segera diobati. Biasanya untuk mengobati tidur yang mendengkur dengan daun benalu yang tumbuh di pohon kopi bisa di masak lalu dijadikan minuman teh dan dikonsumsi secara rutin.

  4. Menurunkan tekanan darah

    Manfaat benalu kopi untuk kesehatan lainnya yaitu menurunkan tekanan darah. Walaupun banyak obat yang bisa digunakan sebagai obat mengatasi tekanan darah, daun benalu bisa menjadi obat yang ampuh untuk menurunkan tekanan darah.

    Tekanan darah yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti stroke dan juga jantung maka akan lebih baik untuk segera mengatasi penyakit ini.

  5. Melancarkan peredaran darah

    Benalu yang tumbuh di pohon kopi juga bisa dijadikan obat untuk melancarkan peredaran darah. Seperti yang kita ketahui bahwa peredaran darah yang lancar bisa membuat tubuh menjadi sehat karena tubuh memiliki nutrisi yang cukup. Daun kopi benalu bisa dijadikan obat untuk darah yang tersumbat dan melancarkan kembali peredaran darah

  6. Mengobati Hepatitis

    Penyakit ini merupakan salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh virus yang menyerang bagian hati manusia. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen yang bisa muncul terjadinya kanker hati.

    Hal ini perlu diwaspadai dengan cara mengatasi sebelum menjadi penyakit yang mematikan. Untuk mengobati hepatitis, daun benalu bisa dikonsumsi dan dijadikan ekstrak teh.

  7. Mengembalikan fungsi hati dan ginjal

    Manfaat dan khasiat benalu kopi untuk kesehatan selanjutnya yaitu untuk mengembalikan fungsi hati dan juga ginjal yang mengalami kerusakan sementara. Untuk kasus yang ini, bisa disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi daun kopi benalu.

    Benalu memiliki banyak zat yang bisa berguna untuk membersihkan racun-racun dan juga membunuh virus pada tubuh maupun ginjal. Dengan demikian, hati dan ginjal bisa jadi bersih dan dapat berfungsi normal seperti sediakala.

    Namun perlu dicatat, untuk mengkonsumsi kopi benalu perlu konsultasi langsung dengan dokter dan juga ahli obat yang memahami tentang berbagai macam obat untuk mengembalikan fungsi hati dan ginjal.

Cara pengolahan benalu kopi untuk kesehatan

Adapun untuk mengkonsumsi daun kopi benalu untuk kesehatan, tentu membutuhkan tahap-tahap tertentu sehingga mendapatkan manfaat baik dari daun benalu di pohon kopi. Sehingga manfaat dan khasiat kopi benalu tidak menjadi hal yang sia-sia saat diproses.

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengeringkan daun benalu sekitar 200gr.
  • Kemudian bersihkan dengan air mengalir sampai bersih.
  • Setelah itu masukkan kedalam mangkuk yang sudah diberi air panas dengan suhu 90°C sebanyak 1-2 gelas
  • biarkan sekitar 15 menit agar tercampur sempurna.
  • Selanjutnya saring air kedalam gelas dan bisa diminum langsung.

Pamanfaatan kopi benalu untuk obat herbal ini sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun. Apabila ingin mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang panjang, akan lebih baik untuk membuat persediaan dan juga meminta anjuran dokter.

Hal ini untuk mengawasi perkembangan penyakit yang dialami sehingga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan bisa diatasi dengan cepat.

Tidak hanya itu saja, untuk menghindari terjadinya efek samping minum rebusan benalu kopi lebih baik mengkonsumsi obat herbal ini sesuai dosis. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa aturan pakai dari pemakaian obat ini harus dikonsultasikan langsung ke ahli pengobatan herbal atau dokter.

Demikianlah tentang manfaat dan khasiat benalu pohon kopi untuk berbagai macam penyakit, Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi salah satu obat alternative untuk mengobati dan mengantisipasi penyakit, seperti yang di jelasakan diatas.

You Might Also Like: