Skip to main content
Melulu kopi | Jangan minum kopi saat perut kosong. Bagi para penggemar kopi, menikmati secangkir kopi di pagi hari memang menyenangkan,  Hal ini sering di jadikan alternatif pengganti sarapan mengisi perut yang kosong.

Tetapi tahukah anda, jika minum secangkir kopi disaat perut kosong, akan memberikan kejutan pada tubuh. Jadi, sebelum menikmati secangkir kopi, disaat perut kosong, atau sebelum makan, kita harus benar-benar mengetahui efeknya terlebih dahulu. Apakah dampa minum kopi sebelum makan berbahaya bagi tubuh atau tidak?


Tak bisa dipungkiri, kopi merupakan sumber penting dari antioksidan dan telah terbukti efektif dalam pencegahan beberapa penyakit ganas, seperti kanker usus besar. Sifat antioksidan dari kopi berasal dari asam klorogenat yang juga ditemukan dalam buah-buahan. Para ahli sepakat, dampak minum kopi pada tubuh manusia bisa sangat negatif, jika minum kopi saat perut kosong tau belum makan.

Minum secangkir kopi hitam murni pada perut kosong akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan, dan hal tersebut akan sangat cepat dirasakan oleh orang-orang yang rentan terhadap gastritis.

Bahkan, perut benar-benar menjadi tidak sehat, karena asam klorida akan memecah makanan. Dan di siang hari, perut akan mengalami gangguan pencernaan saat makan besar serta sangat sulit protein untuk larut.

Protein yang terjebak dalam tubuh dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti kembung, iritasi atau radang usus dan yang terburuk adalah kasus karsinoma kolon.
Menurut sejumlah penelitian disimpulkan bahwa, kopi harus dikonsumsi satu jam setelah bangun tidur, setelah makan setidaknya satu irisan roti.

gelas kopi
Jadi jangan buru buru minum kopi setelah bangun pagi, karena pada saat itu tingkat kortisol sangat tinggi, tunggulah sampai kortisol sudah turun baru menikmati kopi.
Kortisol (hormon yang yang di buat oleh dua kelenjar adrenal. Hormon yang menjaga tekanan darah) bertanggung jawab untuk mengontrol jam biologis dan mendorong kewaspadaan.

Selain itu juga, minum secangkir kopi saat perut kosong dapat menyebabkan mulas, kembung, bahkan muntah. Jika Anda bukan tipe orang yang tidak bisa sarapan dan membutuhkan kopi, campurkan sedikit susu pada kopi, manfaat minum kopi sebelum sarapan, dapat bermanfaat bagi tubuh.

Sumber. berita unik.

You Might Also Like: