Skip to main content

Melulu Kopi | Sejarah kopi dan pengertian kopi dan defenisi kopi menurut para ahli. Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan biji tanaman kopi. Defenisi kopi, Kopi digolongkan ke dalam famili Rubiaceae dengan genus Coffea. Kopi hanya memiliki dua spesies yaitu Coffea arabica dan Coffea robusta.

Kopi bisa digolongkan sebagai minuman psikostimulant yang akan menyebabkan orang tetap terjaga, mengurangi kelelahan, dan memberikan efek fisiologis berupa peningkatan energi.

Menurut para ahli pengertian kopi "Kata Kopi"awalnya sekali berasal dari bahasa Turki, kahveh, yang diambil dari bahasa Arab 'qahwah'. Kahveh bukanlah nama tanamannya tapi sudah menjadi nama minumannya, yang sebenarnya mempunyai arti anggʋr dalam bahasa Arab. begitulah pengertian kopi menurut para ahli dan sejarah kopi.

Sejarah kopi dan definisi kopi menurut para ahli

Berikut ini adalah pengertian kopi menurut para ahli, definisi kopi dan sejarah kopi menurut para ahli.

Menurut Sir James Murray, editor utamanya kamus Oxford, kata coffee kemungkinan berasal dari bahasa Afrika, dan ada hubungannya dengan nama Kaffa, sebuah kota di Shoa, tempat tanaman kopi tumbuh. Tapi, kata qahwah tidak diartikan untuk buah atau tanaman, soalnya tanaman kopi dalam bahasa Arab disebut bunn dan di daerah Shoa sendiri disebutnya būn.

Sir James Murray juga menjabarkan cara penulisan kata coffee dalam bahasa Eropa. Dalam Bahasa Perancis ditulis dengan café, dan dalam bahasa Italia ditulis dengan caffeé.

Dalam Bahasa Inggris ditulis coffee dan dalam bahasa Belanda ditulis koffie. Menurutnya, nada “o” dalam bahasa Inggris dan Belanda mewakili nada “au“, yang dalam bahasa Turki disebut “ahv“.

Menurut James Platt, Jr, salah satu penyusun kamus Oxford juga, kemungkinan kata kahveh dalam bahasa Turki ditulis sebagai kahvé, soalnya huruf “h” terakhir nggak pernah kedengeran kalau diucapkan.

Menurutnya, kemungkinan perubahan kata dari “a” ke “o” adalah karena disebabkan salah tangkep atau karena penulis nggak bisa mengadaptasi huruf yang sesuai ke bahasa mereka. Soalnya sebenarnya kan nada “a” dalam bahasa Arab dan bahasa Asia lainnya sama kayak nada “u” dalam kata “cuff“.

Berbeda lagi dengan pendapat Virendranath Chattopádhyáya yang juga kontributor kamus Oxford, menurutnya bahwa huruf “hw” dari kata qahwah terkadang berubah menjadi “ff” dan kadang hanya “f” atau “v” karena beberapa bahasa, seperti Inggris, memiliki penekanan suku kata yang kuat sementara bahasa lain, seperti Perancis, nggak seperti itu.

Ia juga mengatakan bahwa huruf “h” di akhir kata terkadang diucapkan dalam bahasa tertentu, tapi sebagian besar orang Eropa nggak mengucapkan huruf “h” di akhir kata.

Ada juga Col. W. F. Prideaux, kontributor kamus Oxford ini mengatakan bahwa kalau bahasa Eropa mendapatkan satu bentuk kata coffee langsung dari bahasa Arab qahwah.

Chattopádhyáya mungkin gatel mendengar pendapat Prideaux, dan menyatakan bahwa perubahan kata dari kahwah ke coffee adalah perubahan fonetik atau bunyi pengucapan.

Jadi orang yang mengubah kata menjadi coffee itu pastilah mereka yang nggak bisa mengucapkan kata aslinya dengan benar.

Jadi intinya banyak cara pengucapan kata coffee oleh orang Eropa, tapi bisa disimpulkan kalau keragaman pengucapan itu berasal dari bahasa Arab entah itu kahua, kahoueh, kaffa, atau kahwa yang kemudian diubah menjadi kata yang mudah diucapkan dalam bahasa mereka masing-masing.

Demikianlah pengertian kopi, sejarah kopi dan defenisi kopi menurut para ahli semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk para penggemar kopi, jika ingin mengetahui asal usul "kata Kopi" tersebut.

Dari berbagi sumber, refrensi, Tentang Kopi.

You Might Also Like: