Skip to main content
Tujuh cara agar bisa konsentrasi tanpa kopi. Tak bisa di pungkiri bagi para pencinta kopi, memang kopi dapat meningkatkan konsentrasi. apa lagi ketika pekerjaan menumpuk acapkali kali menuntut kita untuk tetap konsentrasi.

Pertanyaannya, bagaimana ketika tak ada kopi, sedangkan sudah menjadi tradisi, ngopi sudah bagaian dari aktivitas sehari-hari, ini adalah sesuatu hal yang sulit kebiasaan harus terhenti, Konsentrasi pada kerjaan sulit.

Penelitian menunjukkan, di saat sedang tak konsentrasi, otak dalam keadaan mati, kondisi mati otak yg terlalu lama bisa menyebabkan penuaan dini serta menaikkan risiko penyakit demensia. bagai mana bisa konsentarasi jika tak ada kopi, sedang ini sudah menjadi kebiasaan rutin

Dengan melakukan beberapa perubahan kecil pada kebiasaan sehari-hari, seperti menjauhkan kopi menganti dengan yang lain, ternyata dapat membentuk perubahan signifikan cara kerja otak. Pakar nutrisi, Amy Morris, menjelaskan tujuh cara menaikkan kemampuan kerja otak.

Sulit konsentarasi tanpa kopi. berikut ini solusinya, konsentrasi tanpa kopi dengan tujuh cari berikut ini agar konsentrasi tetap terjaga.

  1. Sarapan Setiap Hari.
    Beberapa penelitian mengambarkan sarapan pagi secara teratur bisa memperpanjang ingatan jangka pendek serta daya konsentrasi. Sarapan pun akan membantu kita merasa kenyang lebih lama , pola makan pun menjadi lebih teratur. Sarapan yg baik wajib mengandung karbohidrat, protein, serta lemak.
  2. Ganti kopi dengan matcha.
    Matcha atau serbuk daun teh hijau mengandung kafein yg bisa memberi energi serta meningkatkan konsentrasi. tetapi, tak mirip kopi, matcha mempunyai manfaat lain, yaitu antioksidan. Selain itu, matcha mempunyai kandungan L-Theanine, yang membantu pembakaran lemak serta mencegah kanker.
  3. Makan kacang serta biji-bijian.
    Kacang serta biji-bijian merupakan sumber diet E yg bermanfaat meremajakan kulit. Penelitian menerangkan kacang kenari bisa memerangi penyakit otak yg diderita seiring dengan bertambahnya usia, mengkonsumsi kacang pikan, mete, serta badam menjadi pengganti snack.
  4. Banyak minum air putih.
    Kurang air putih bisa mengakibatkan lemah daya konsentrasi, sakit kepala, dan pikun. Badan Pengawas kuliner Eropa menyarankan laki-laki mengkonsumsi setidaknya dua hingga lima liter air dalam sehari, sedangkan perempuan dua liter setiap hari.
  5. Konsumsi minyak ikan.
    Beberapa penelitian menunjukkan minyak ikan yg mengandung omega-3 akan melancarkan peredaran darah serta menaikkan konsentrasi. Sebuah penelitian juga mengungkapkan terjadi peningkatan fungsi otak sebanyak 15 persen berkat omega-3.
  6. Meditasi.
    Sebuah penelitian menunjukkan orang yg bermeditasi secara teratur memiliki daya konsentrasi yg lebih baik. Penelitian berasal Universitas South Carolina juga menyampaikan, bermeditasi selama 20 mnt sehari bisa menaikkan kemampuan kognitif.
  7. Tidur teratur.
    Tidur yg tidak teratur bisa mengakibatkan berkurangnya konsentrasi. Tidur berperan penting pada regenerasi sel serta meningkatkan ingatan. Tidur yg baik adalah selama tujuh-delapan jam sehari.

Demikianlah tujuh cara agar bisa konsentrasi tanpa kopi, atau membiasakan diri tanpa mengkonsumsi kopi agar dapat terus konsentrasi, kopi tak lagi sebagai penambah konsentrasi dengan membiasakan, ketujuh cara di atas, semoga bermanfaat.

Sumber: refrensi tempo.com

You Might Also Like: