Skip to main content

Makna kopi dalam kehidupan hari hari. Bagi penikmat kopi, minuman hitam ini tak hanya sekedar candu, terdapat filosofi tentang kopi yang berkaitan kehidupan sehari-hari yang di dalamnya mengandung pesan kehidupan sebagai pembangkit semangat untuk menjalani kehidupan sehari.

Aroma kopi yang khas dapat membuat rileks dan melupakan sejenak semua permasalahan hidup yang membelenggu.

Lalu apa makna kopi dalam kehidupan,  setidaknya ada tujuh makna kopi dalam kehidupan sehari- hari,

Namun tergantung juga dari para pencinta kopi memaknai kopi yang dinikmati dalam kehidupan sehari-harinya, karena pendapat semua orang berbeda-beda.

Nah berikut ini adalah makna kopi dalam kehidupan sehari hari dikutip Indtimes.com, diantaranya:

  1. Pelepas dahaga dari penatnya beraktivitas
    Pecinta kopi bahkan tidak membutuhkan minuman segelas es jeruk ketika ingin melepas dahaga.

    Segelas kopi sudah cukup bagi mereka. Maka hilang sudah beban selama seharian. Tidak cuma minuman, kopi bisa jadi moodboster yang efektif.

  2. Sebuah karya
    Di balik proses ekstraksi kopi, terdiri dari beberapa tahapan.

    Untuk menghasilkan kopi terbaik, seseorang harus mempelajari berbagai cara baru. Proses panjang dan usaha inilah yang membuat kopi dapat dikatakan sebagai sebuah karya.

  3. Pembuka lapangan pekerjaan
    Mungkin diantara para pencinta kopitak menyadari bahwa kopi bisa membuka lapangan pekerjaan yang luas, Alasannya karean kopi adalah komoditas terbesar kedua, setelah minyak bumi.

    Terdapat bisnis yang mengakar dan turunan dari sebuah kopi, antara lain seperti kedai kopi, rumah sangrai, petani, dan lain sebagainya.

  4. Ritual sosial
    Tidak asal dinikmati, kopi memiliki sisi kesakralannya tersendiri. Di beberapa wilayah, minum kopi merupakan momen prestisius. Duduk, merenungkan hal apapun, kemudian menikmati kopi dengan santai.

    Bahkan kopi punya sejarah dan budaya mendalam yang begitu lekat di masyarakat. Ada beberapa budaya yang mengharuskan prosesi adat saat menanam kopi.

  5. Obat rindu yang mujarab
    Tidak ada kata berlebihan ketika kopi dihubungkan dengan obat rindu yang ampuh,

    ketika kopi menjadi manifestasi perasaan sang penikmat bertemu dengan orang yang ia cintai. Bisa orangtua, sahabat, guru, teman, kekasih, dan lain sebagainya.

    Kopi menjadi wadah nostalgia pelepas rindu tanpa harus bertemu langsung. Momen menikmati kopi bersama akan menjadi kenangan manis yang patut disimpan.

  6. Ladang inspirasi
    Tidak sedikit yang mengatakan kopi adalah tempatnya menemukan inspirasi. Bagi para penikmat kafein, kopi bukan sekadar minuman. Banyak sisi positif bagi penikmatnya.

    Kopi menjadi partner setia penikmatnya untuk mencari ide-ide kreatif dan luar biasa.

    Seperti inpirasi menulis puisi tentang kopi, menulis kata kata pembangkit semangat seperti kata motivasi kopi, kata kopi romantis kata kata kopi lucu dan lain sebagainya.

  7. Bahasa universal
    Kopi juga dapat menjadi bahasa universal. Tidak hanya bahasa verbal untuk menjalin kebersamaan antarindividu.

    Duduk sambil ngopi bersama bisa menjadi pengikat rasa, meski tidak mengenal siapa orang yang kita ajak berbincang.


Itulah tujuh makna kopi dalam kehidupan, namun tergantung juga dari masing -masing pribadi memaknai arti kopi dan filosofi tentang kopi dalam menjalani kehidupan sehari. Semoga artikel kopi tentang makna kopi dalam kehidupan, bisa menambah wawasan tentang seluk beluk kopi dalam kehidupan.

You Might Also Like: